Asyik Juga Belajar Model Pertukaran Siswa seperti Ini

Sebanyak 13 siswa SD Muhammadiyah 2 Krian Sidoarjo mengikuti kegiatan belajar bersama di SD Muhammadiyah 15 Wiyung Surabaya, Rabu (14/11/2018). Mereka diantar kepala sekolah dan guru pendamping.

Murid tamu ini mengikuti pembelajaran di kelas 3 yang sedang membuat majalah dinding (Mading) bertema hak dan kewajiban sebagai warga sekolah. Murid-murid ini langsung bisa membaur dan bekerja sama tanpa canggung. Mereka diberi tugas langsung dikerjakan.

“Aku senang bisa kerja sama dengan teman Limas membuat Mading Kelas. Mereka sudah siap, tinggal menempel tulisan dan gambar hak dan kewajiban sebagai warga sekolah,” kata Afifullah Hasbi sambil menggunting gambar yang mau ditempel.

Guru yang sedang mengajar Ana Ropikaningsih SPd mengatakan, tema yang kita pelajari pada hari ini tentang hak dan kewajiban sebagai warga sekolah. ”Agar bisa paham materinya langsung praktik membuat Mading Kelas dengan tema itu,” katanya.

Sekolah Inspiratif SD Muhammadiyah 15 Surabaya mengembangkan minat bakat sesuai kemampuan siswa. Setiap satu pembelajaran ada produk yang dihasilkan. Karya anak-anak di pajang di kelas atau ruang seni. Cara ini memotivasi murid berkreasi.

Belajar bersama diakhiri dengan shalat Duhur berjamaah di Masjid At Taqwa. Murid-murid tamu dari Krian ini senang bisa belajar bersama di SDM Limas. Guru pendampingnya juga bisa membandingkan teknik pengajaran di kelas.

“Menyenangkan bisa belajar di sini. Semoga bisa diterapkan di sekolah kami,” kata Janita Setiawati SPd, guru pendamping dari SDM Krian.

Kepala SDM 2 Krian Nanang Rouful Akbar SPdI menyampaikan, menyampaikan terima kasih atas kesempatan belajar bersama ini. “Maaf kami sambang ke Limas ini tidak membawa apa-apa, hanya ingin menimba ilmu bersama anak anak Limas di kelas,” katanya. (Ali Shodiqin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *