Perkembangan teknologi papan tulis

09-06-49-papan-tulis-elektrikSaya yakin Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya papan tulis ini, karena sejak Anda sekolah di TK atau SD, bahkan mungkin sampai sekarang ini Anda masih sering menggunakan alat tulis dan alat presentasi yang satu ini. Papan tulis itu sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah alat tulis yang terbuat dari papan kayu dengan permukaan-nya yang bisa ditulisi ulang dengan menggunakan kapur tulis. Saat ini papan tulis dibuat dari lembaran papan yang sudah diberi cat dengan warna yang tidak mengkilat (biasanya berwarna hijau atau hitam). Papan tulis ini biasanya digunakan oleh sekolah-sekolah maupun institusi-institusi pendidikan, training, ataukah pelatihan.
Perkembangan selanjutnya dari model papan tulis adalah berbentuk whiteboard yang tidak menggunakan lagi kapur tulis melainkan menggunakan spidol. Dengan menggunakan spidol kekhawatiran terserang penyakit akibat debu yang ditimbulkan jika menggunakan kapur tulis dapat dihindari (walaupun sebenarnya penggunaan kapur tulis termasuk aman). Selain itu permukaan whiteboard yang licin juga terasa nyaman saat menulis diatasnya maupun saat melakukan penghapusan. Hanya saja Anda harus menggunakan spidol yang memang khusus diperuntukkan untuk whiteboard, dan jangan sekali-kali menggunakan spidol permanen karena anda akan kesulitan sendiri saat akan menghapusnya.
Papan Tulis Elektronik
papan-tulis-elektrikSesuai perkembangan zaman, maka papan tulis juga mengalami perkembangan yang sangat berarti, terutama untuk penggunaan dan perlengkapan kantor. Papan tulis jenis ini konon diciptakan supaya Anda bisa menerangkan sesuatu denga sedetil mungkin menggunakan papan tulis, serta dapat menyimpan coretan-coratan yang telah Anda buat diatasnya menjadi sebuah file komputer, ataukah mencetaknya dalam sebuah kertas berukuran folio atau A4 misalnya. Untuk dapat langsung menyimpan ke komputer atau laptop Anda, papan tulis elektronik ini biasanya juga telah dilengkapi dengan port USB sehingga Anda bisa menghubungkannya langsung.
Selain itu, papan tulis elektrik ini juga biasanya telah dilengkapi dengan sambungan ke peralatan “proyektor” sehingga apa yang Anda tulis di papan tulis elektronik ini dapat dilihat bersama-sama oleh banyak orang dan dengan area yang lebih luas.
Seperti pada contoh gambar disamping ini dimana disitu presenter menggunakan salahsatu jenis papan tulis elektrik yang terhubung dengan laptopnya sehingga apa yang ia tulis di papan tulis elektrik itu dapat ia simpan. Demikian juga dengan alat pencetak yang biasanya terletak dibagian depan dari papan tulis elektronik ini seperti yang bisa Anda lihat di gambar. Dengan alat cetak tersebut, semua coretan Anda dapat dicetak ke atas media kertas dengan cepat dan mudah.
Untuk penggunaan skala rumahan ataukah penggunaan di sekolah-sekolah umum (kecuali sekolah-sekolah tertentu yang berskala internasional), jenis papan tulis elektrik ini mungkin belum cocok untuk digunakan dan kelihatannya lebih cocok untuk penggunaan di kantor atau perusahaan skala menengah keatas. Hal ini dikarenakan harga papan tulis elektrik saat ini masih tegolong cukup tinggi, dimana harganya rata-rata masih diatas Rp 15,000,000. Tapi jika anda lebih melihat kemampuan yang dimiliki oleh jenis papan tulis ini, maka harga tersebut saya kira tidak jadi masalah alias tidak terlalu membebani Anda.
Papan Tulis Interaktif
Papan tulis interaktif adalah sebuah papan tulis yang menggunakan tekhnologi layar sentuh seperti pada sistem komputer ataukah gadget. Karena sifatnya layar sentuh, maka layar atau permukaan dari papan tulis ini sangat sensitif dan sama persis cara kerjanya dengan sistem layar sentuh pada komputer. Dan tentu saja papan tulis ini dapat menyimpan informasi yang Anda tulis diatas (layar) papan tulis interaktif ini.
papantulis_interaktifSebenarnya papan tulis interaktif ini sudah populer terlebihdahulu di negara Amerika dan juga di beberapa negara Eropa sebagai alat pengajaran interaktif dan juga digunakan sebagai alat bantu rapat secara kolaboratif. Dikarenakan harganya yang masih tergolong mahal untuk pasar di Indonesia, maka papan tulis interaktif ini di Indonesia biasanya hanya dapat dimiliki oleh sekolah-sekolah mahal yang bertaraf internasional maupun digunakan oleh beberapa perusahaan besar.
Kisaran harga untuk produk papan tulis interaktif ini berada di antara Rp 20,000,000 s/d Rp 40,000,000. Bahkan ada beberapa produk ini yang harganya diatas dari Rp 100,000,000. Jadi bisa anda lihat sendiri dari sisi harganya memang terbilang cukup mahal untuk penggunaan skala rumahan maupun industri/perusahaan skala kecil dan menengah. Walaupun demikian masing-masing produk papan tulis interaktif ini memiliki kelebihan satu masa lainnya, dan tentulah harga dari produk ini telah disesuaikan dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan.
Mengenal Cara Kerja dan Tekhnologi Yang Digunakan Oleh Papan Tulis Interaktif
Saat ini tekhnologi yang digunakan untuk bisa membuat dan menghasilkan kerja dari papan tulis interaktif ini ada beberapa macam, dan masing-masing dari tekhnologi ini juga terus dikembangkan dan disempurnakan. Bahkan konon, masih ada tekhnologi baru lainnya yang saat ini tengah kembangkan dan masih dalam tahap uji coba. Namun demikian tekhnologi yang paling populer digunakan dalam menghasilkan papan tulis interaktif ini adalah melalui tekhnologi resistif, inframerah, dan juga ada yang menggunakan tekhnologi sinyal elektromagnetik.
Adapun papan tulis interaktif resistif dibuat dengan lembaran depan yang menggunakan bahan yang tahan lama. Bagian belakang lembaran depan dan bagian depan papan belakang kemudian dilapisi dengan bahan resistif. Sementara itu mekanisme dasar dari papan tulis interaktif jenis elektromagnetik biasanya melibatkan dua komponen yaitu jaringan grid digital dan pena digital. Dan adapun papan tulis interaktif yang menggunakan tekhnologi inframerah memakai sistem kombinasi dari IR LED dan transistor foto yang di install pada sekeliling permukaan papan aktif secara selaras dan saling terintergrasi.
Dan secara umum cara kerja dari papan tulis interaktif ini adalah dengan menggunakan teknologi sentuh untuk mendeteksi input dari pengguna yang sama dilakukan jika menggunakan perangkat input PC biasa seperti pada penggunaan mouse atau keyboard. Sebuah proyektor digunakan untuk menampilkan video output komputer ke papan tulis yang kemudian akan berfungsi sebagai layar monitor atau layar sentuh yang berukuran besar. Setiap papan tulis interaktif biasanya telah dilengkapi dengan alat-alat tulis digital yang menggunakan pena tanpa tinta atau pena digital yang fungsinya menggantikan alat tulis papan tulis tradisional seperti spidol. Pena tanpa tinta ini akan bekerja dengan menggunakan digitizer aktif yang mengontrol PC/laptop guna masukan informasi untuk kemampuan menulis tulisan tangan maupun untuk menggambar.

— admin

No comments yet.

Leave a reply

Reset all fields